guru yang berpengalaman sadar, betapa sukarnya menjadi pembimbing dalam pengajaran. ia tahu akibat yang merugikan dari cara mengajar yang buruk yang dapat merugikan bagi gurunya sendiri maupun bagi anak didiknya. ia tahu akibat yang merugikan bila mendidik tanpa arah tujuan dan tanpa arti. guru yang berpengalaman tahu perasaan yang mendekati kedaulatan pikiran sebagai akibat tidak adanya kecakapan yang diperlukan dalam melaksanakan tugas seni yang rumit seperti halnya mengajar.
pendidik yang berpendidikan ia cekatan dalam:
1. membuat planning mengenai tujuan-tujuan dari program pengajaran.
2. guru sebagai pembimbing memberi keyakinan bahwa para pelajarnya benar-benar melakukan "perjalanan"
3. tugas-tugas yang paling sukar dan paling penting bagi seorang guru selaku pembimbing adalah membikin perjalanan belajar itu memiliki arti yang penuh.
4. mengadakan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
tafadhlol akhi...ukti...silahkan...BTS ( Bebas Tapi Sopan )